Diberdayakan oleh Blogger.

Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Penyakit jantung umumnya dikenal mematikan karena dapat mengakibatkan kematian mendadak pada penderitanya, oleh karena itu lebih baik kenali dan amatilah gejala-gejala yang mungkin terjadi, khususnya ketika nyeri atau sakit terjadi di daerah dada. Berikut gejala penyakit jantung dan cara pencegahannya.

Waspadalah, penyakit jantung bisa di alami oleh berbagai macam umur : balita - dewasa.
  • Apa itu penyakit Jantung ?
  • Faktor penyebab penyakit jantung ?
  • Nyeri atau sakit yang bukan merupakan penyakit jantung ?
  • Gejala umum penyakit jantung ?
  • Tips mencegah penyakit jantung
  • Tanda-Tanda seseorang terserang penyakit jantung

APA ITU PENYAKIT JANTUNG ?
penyakit jantung
Merupakan penyakit yang menganggu sistem pembuluh darah pada jantung, dimana hal ini mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit jantung yang umum di jumpai adalah penyakit jantung koroner, dimana hal ini dapat mengakibatkan kematian mendadak, di karenakan penyumbatan ataupun penyempitan arteri pembuluh darah karena penumpukan zat lemak berlebih pada lapisan dinding nadi pembuluh koroner.

FAKTOR PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
Penyakit jantung dapat di alami siapa saja, baik anak kecil maupun orang dewasa, hal ini disebabkan berbagai macam hal salah satunya merupakan gen (keturunan). Akan tetapi hal-hal yang dapat berakibat penyakit jantung pada umumnya adalah :
  • Berhenti menstruasi
  • Merokok
  • Adanya  anggota keluarga yang mengalami penyakit jantung sebelum usia 60 tahun
  • Hipertensi (Tekanan darah Tinggi)
  • Diabetes (Gula darah dalam tubuh terlalu banyak)
  • Obesitas (Kelebihan berat badan)
  • Kolestrol tinggi

NYERI ATAU SAKIT DI DADA YANG BUKAN PENYAKIT JANTUNG
1. Nyeri di dada ketika Anda batuk
Nyeri pada dada ketika anda mengalami sakit batuk merupakan hal yang umum di jumpai, hal ini di karenakan infeksi saluran pernapasan bagian atasa oleh virus, rasa nyeri terjadi biasanya pada rusuk.
2. Nyeri pada Otot atau Tulang dada
Hal ini umum di jumpai ketika anda melakukan aktivitas berat, sakit atau nyeri pada bagian tubuh ketika anda melakukan aktivitas di karenakan otot terlalu letih dan butuh perengangan ataupun pelenturan.
3. Tulang rusuk yang patah
sakit atau nyeri di bagian dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya merupakan patah ataupun adanya keretakan pada tulang yang terjadi di sekitar area dada, hal ini dapat di akibatkan karena benturan keras, perkelahian, jatuh dan lain-lainnya.
4. Pneumothorax
Merupakan penimbunan udara atau gas di dalam rongga pleura atau masalah pada paru-paru yang mengakibatkan nyeri atau sesak napas.
5. Penyakit pada tulang belakang
Hal ini di akibatkan terjepitnya saraf tulang belakang yang dapat mengakibatkan nyeri di dada yang sangat menganggu.

GEJALA UMUM PENYAKIT JANTUNG
gejala umum penyakit jantung 

1. Mudah Lelah / Kelelahan
Pernahkah Anda merasa lelah walau Anda hanya melakukan aktivitas atau kegiatan ringan?, hal tersebut harus di waspadai karena 70 % gejala awal penyakit jantung berasal dari hal-hal sederhana seperti ini. Hal ini di akibatkan jantung melemah dan kesulitan dalam melakukan penyuplaian oksigen. Akan lebih baik jika di lakukan cek kepada dokter untuk mengatasi atau mengwaspadai penyakit jantung.

2. Rasa Sakit ringan
Rasa sakit dapat di rasakan bukan hanya di jantung anda, akan tetapi dapat terjadi di berbagai bagian tubuh lain anda seperti punggung bagian atas, bahu, leher dan tulang dada.
Hal ini di sebabkan karena penyakit jantung dapat di sebabkan oleh penyakit-penyakit lainnya seperti diabetes, merokok, dll.

3. Mudah Berkeringat
Biasanya orang berkeringat karena perubahan cuaca di lingkungan atau sekitar maupun aktivitas berat, waspadailah ketika anda mengalami keringat , baik ketika anda melakukan pekerjaan ringan maupun ketika anda tidak melakukan aktivitas apapun.

4. Mengalami Pusing ataupun Mual
Kondisi ini dialami oleh 39 % wanita yang mengalami gangguan pencernaan, apabila hal ini di alami oleh wanita lebih baik segera di lakukan pemeriksaan kepada doker, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala yang dapat berakibat pingsan.

Pada umumnya hal yang biasa terjadi adalah nafsu makan yang berkurang, maupun rasa mual yang berlebih.

5. Merasa tegang, cemas maupun sesak napas
Pada dasarnya penyakit jantung bisa berasal dari trauma, di yakini bahwa seseorang yang memiliki penyakit jantung lebih sering mengalami kecemasan, ketakutan maupun ketegangan akan kematian hal ini di kaitkan dengan indikasi psikologis dan stress seseorang.

Sesak napas di sebabkan karena penebalan pembuluh darah yang menghambat pasokan darah ke seluruh tubuh, hal ini dapat di artikan bahwa denyut jantung tidak teratur. Sebagian besar hampir di alami oleh 58% wanita, ini di sebabkan karena rasa lelah yang berlebihan, emosi, berjalan kaki melewati tangga maupun aktivitas berat yang di alami wanita.

6. Pembengkakan pada Kaki dan Perut
pembengkakan dapat terjadi karena adanya penumpukan cairan pada tubuh, hal ini umumnya terjadi pada bagian kaki dan perut. Pada pembengkakan di perut, penderita akan mengalami gejala kehilangan nafsu makan dan mual. Hal ini di sebabkan fungsi jantung yang tidak bekerja normal atau adanya kelainan pada katup jantung.

7. Insomnia atau sulit tidur
Hal ini di alami oleh 48% wanita dimana, biasanya terjadi ketika seseorang sering berganti-ganti posisi tidur atau bolak-balik badan, dimana orang tersebut tidak mampu untuk benar-benar tertidur. Kondisi ini dapat terjadi selama beberapa bulan maupun 1 bulan sebelum terkena serangan jantung pertama.

Perbanyak tidur juga tidak dapat membantu anda untuk tidur dengan nyaman. Kelelahan pada siang hari juga dapat di artikan sebagai melemahnya jantung.

TIPS MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG
  1. Lakukan olahraga, jalan kaki atau lari pagi
    Pagi hari merupakan saat yang baik untuk melakukan olahraga dimana tubuh akan fit setelah bangun tidur. Lakukan jalan kaki sebanyak 30 menit dapat membantu peredaran darah dan mengurangi berat badan.
     
  2. Hindari Rokok
    Asap rokok dapat menjadi penyebab dari penyakit jantung koroner, asap rokok terdapat berbagai zat yang dapat mengakibatkan paru-paru kesulitan dalam menghirup oksigen dan mengakibatkan peredaran darah dari jantung menjadi sulit.
     
  3. Kurangi makan daging merah
    Daging merah mengandung kolestrol yang dapat mengakibatkan jantung bekerja ekstra dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.
    Kurangi makan daging merah dengan memakan ikan laut maupun protein lain seperti telur.
     
  4. Tertawa dan Kurangi stress
    Ketika seseorang stress, jumlah hormon dalam tubuh akan meningkat. Menurut penelitian orang yang jarang stress dan sering tertawa akan menghasilkan efek yang baik untuk tubuh.

TANDA-TANDA ATAU INDIKASI PENYAKIT JANTUNG
tanda penyakit jantung
Pada pria Umumnya di jumpai dengan kebotakan, gangguan fungsi seksual, lemak maupun kolestrol berlebih pada tubuh. berikut merupakan gejala ketika seseorang terkena penyakit jantung:
  1. Terjadi nyeri atau sakit pada dada atau tulang rusuk seperti sesak napas.
  2. Nyeri atau sakit pada dada dapat terjadi beberapa menit (20 menit).
  3. Rasa nyeri dapat terjadi di dada, leher seperti tercekik dan mengalami keringat dingin.
  4. Penderita mengalami pingsan sesaat dan kemudian sadar, hal ini di akibatkan tidak teraturnya irama atau denyut jantung.
Segeralah minta pertolongan maupun menghubungi rumah sakit, apabila di diamkan akan berakibat fatal bagi nyawa orang tersebut.

 Sumber : http://www.tahupedia.com/
Title : Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya
Description : Penyakit jantung umumnya dikenal mematikan karena dapat mengakibatkan kematian mendadak pada penderitanya, oleh karena itu lebih baik kenal...

0 Response to "Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya"

Poskan Komentar